Alasan Facebook Mengganti Nama Menjadi Meta

Alasan Facebook Mengganti Nama Menjadi Meta menjadi topik terhangat yang sedang di perbincangkan oleh banyak kalangan. Sejak perubahan nama Facebook Connect oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg pada 28 Oktober 2021. Nama baru Meta mencerminkan tujuan menciptakan dunia realitas virtual yang imersif. Sedangkan media sosial dan aplikasi lain akan mempertahankan nama lama mereka.

Meta

Perusahaan Facebook mengubah namanya menjadi Meta dan memperkenalkan logo perusahaan baru yang memiliki jejaring sosial terbesar dengan nama yang sama di dunia. Dia juga mengatakan bahwa teknologi dan aplikasi akan digabungkan dengan merek baru. Lebih lanjut dalam presentasi tersebut dijelaskan bahwa tidak ada perubahan yang direncanakan.

Aplikasi lain seperti Instagram, Messenger, dan WhatsApp, masih tetap mennggunakan nama yang sebelumnya. Merek Facebook sangat terikat pada satu produk sehingga tidak dapat mencerminkan semua inovasi yang perusahaan lakukan, baik saat ini maupun di masa depan. Facebook, Instagram dan WhatsApp, akan mengembangkan metaverse secara paralel. Jejaring sosial Facebook sendiri tidak akan berubah tetap mempertahankan nama dan logonya saat ini.

Berita tentang Facebook mengubah namanya menjadi Meta telah tersebar pada beberapa media. Karena logo Facebook yang baru sudah terpasang di depan kantor pusat. Namun pergantian logo di depan kantor pusat tersebut terlihat ditutupi kanvas sebelumnya presentasi Facebook Connect diresmikan.

Apa Fakta Facebook Mengubah Namanya Menjadi Meta?

Facebook akan mengerjakan metaverse dengan membuat tim baru pada bulan Agustus. Tim metaverse akan menjadi bagian dari Reality Labs, grup realitas virtual Facebook. Perusahaan teknologi dan eksekutif semakin membahas penciptaan metaverse sebagai penerus teknologi smartphone dan internet seluler. Metaverse adalah dunia virtual di mana sejumlah besar orang dapat berkumpul untuk bermain, bekerja, dan berkomunikasi.

Facebook mengubah namanya menjadi Meta karena memiliki rencana untuk mengubah citranya pada akhir bulan Oktober. Sedangkan untuk metaverse, Zuckerberg mengungkapkan ide penciptaan dan visinya pada bulan Juli. Konsep proyek menyediakan penciptaan dunia digital di mana orang-orang dapat berinteraksi satu sama lain menggunakan kacamata realitas virtual.

Facebook juga mengejutkan banyak kalangan setelah membuat metaverse. Maka perusahaan besar ini mengumumkan perekrutan sebanyak sepuluh ribu insinyur yang sangat terspesialisasi dari negara-negara berkembang selama lima tahun ke depan.

Zuckerberg mengatakan bisnis Meta akan dipusatkan pada “metaverse virtual” dari pada Facebook. Oleh karena itu, pengguna Meta tidak memerlukan jejaring sosial untuk menggunakan layanan lain dari perusahaan. Rebranding ini bertujuan untuk menyatukan berbagai aplikasi dan teknologi perusahaan di bawah satu nama baru, serta menghidupkan gagasan “metaverse” lingkungan virtual bersama yang akan menjadi penerus internet seluler.

Meta berasal dari kata yang memiliki makna “setelah”, yang mana kata ini dipilih untuk melambangkan fakta bahwa Anda selalu dapat membangun sesuatu yang lain. Harapan di masa depan “metaverse” seseorang dapat meninggalkan layar dan mengalami efek hadir dalam realitas virtual. Facebook telah berkomitmen pada bulan September untuk membangun metaverse. Perusahaan saat ini sedang menguji aplikasi realitas virtual untuk pekerjaan jarak jauh.

Aplikasi realitas visual setelah Facebook mengubah namanya menjadi Meta memungkinkan pengguna menggunakan headset khusus untuk menghadiri rapat sebagai avatar mereka. Kualitas yang menentukan dari metaverse adalah rasa kehadiran yang mebuat seolah-olah Anda berada di sebelah orang lain atau di tempat lain. Karena pada dasarnya, perusahaan ingin pengguna merasakan kehadiran orang lain sebagai wujud dari impian tertinggi teknologi sosial.

Facebook Meluncurkan Apa Saja Selain Mengubah Namanya Menjadi Meta?

Selain Facebook mengubah namanya menjadi Meta, juga meluncurkan logo baru dengan alih-alih mengangkat jempol jari untuk melambangkan tanda suka, perusahaan memilih tanda infinity biru untuk logo barunya. Facebook mengharapa logo terbarunya bisa menginvestasikan makna dari ketakterbatasan. Selain itu Facebook memiliki tujuan untuk membuktikan brandingnya di tengah popularitas yang sedang naik.

Saham Facebook naik dengan angka yang cukup signifikan di tengah berita perubahan nama.  Selain itu Facebook juga mengumumkan bahwa sahamnya akan diperdagangkan pada awal Desember tahun ini. Perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka akan mulai menerbitkan secara terpisah hasil keuangan dari bisnis virtual dan augmented reality (Facebook Reality Labs, atau FRL) pada kuartal keempat.

Pada saat yang bersamaan dalam presentasi Facebook Connect, Pendiri perusahaan besar itu juga menulis di blognya bahwa dia sedang dalam tahap merencanakan untuk memulai perdagangan saham sebelum awal Desember. Dalam presentasi dia juga menambahkan bahwa pengumuman itu tidak memengaruhi cara perusahaan menggunakan atau mentransfer data. Sehingga dia berharap para pengguna setia tidak perlu khawatir akan terjadi kendala.

Menurut Zuckerberg meneteapkan keputusan ini karena perusahaan sedang membangun metaverse dunia virtual. Karena telah menyatukan semua teknologi dan perangkat yang tersedia. Dengan demikian, perusahaan ingin menunjukkan bahwa tidak hanya jejaring sosial Facebook, tetapi juga mengembangkan proyek lain. Perubahan ini juga mmemiliki tujuan untuk membangun metaverse yang akan berkaitan dengan brand perusahaan yang di bangaun.

Zuckeberg menjelaskan bahwa dengan Facebook mengubah namanya menjadi Meta, harapan besar muncul agar Meta menjadi perusahaan besar yang menguasai media sosial. Tetapi tujuan inti dari perusahaan besar tersebut adalah menciptakan teknologi yang menghubungkan orang-orang. Inovasi yang di ciptakan tadak akan menyimpang dari tujuan perusahaannya.

Mengapa Facebook mengubah namanya menjadi Meta di tengah popularitas yang sedang naik?

Zuckerberg juga berbicara tentang Facebook mengubah namanya menjadi Meta, bahwa tujuan utamanya adalah untuk menghubungkan orang dan membantu mereka berkomunikasi. Maka berkemungkinan besar dia berkomunikasi menggunakan avatar. Inovasi baru ini memiliki pengaruh yang besar pada dunia.

Beragam reaksi muncul terhadap rebranding Facebook mengubah namanya menjadi Meta. Seperti yang di katakan oleh beberapa Negara pada salurang telegrmanya. Bahwa rebranding dan perubahan posisi dari perusahaan sebesar itu terjadi untuk pertama kalinya dalam ingatannya. Rebranding ini merupakan langkah berani seorang pendiri perusahaan besar yang telah memiliki satu miliar pelanggan. Menurutnya, ini adalah langkah seorang pemimpin sejati.

Dengan Facebook mengubah namanya menjadi Meta, memungkinkan kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan cara baru. Perangkat akan menerima lensa optik yang lebih ringkas dan mendukung teknologi pelacakan wajah. Headset akan memungkinkan pemiliknya untuk membuat avatar virtual dengan ekspresi wajah penuh, dan dengan bantuannya berkomunikasi di platform virtual dengan orang lain.

There are no reviews yet. Be the first one to write one.

You May Also Like